Himdika dan Pekan Kimia

By | 2/19/2017 09:48:00 AM Leave a Comment
            Memasuki usianya yang ke-12, Himdika semakin percaya diri untuk menjalankan program kerja kepengurusan periode 2016-2017. Salah satu diantara program kerja yang cukup kontroversiil adalah Pekan Kimia.
            Pekan Kimia merupakan program kerja dari pengurus Himdika bagian divisi pendidikan. Tidak ada kegiatan dalam Himdika yang membutuhkan dana sampai lebih dari 30 juta rupiah selain Pekan Kimia. Di dalamnya terdapat kegiatan lomba-lomba bidang akademik maupun nonakademik tingkat provinsi Kalimantan Barat. Pekan Kimia dapat menjadi “resiko” tersendiri bagi panitia yang bertugas.
            Bukan hanya persoalan cost, Pekan Kimia menuntut panitia untuk menyeimbangkan statusnya sebagai mahasiswa dalam kelas dan peranannya dalam masyarakat. Sebagai contoh, mahasiswa sedang mengikuti kuliah kimia organik, namun handphonenya terus bergetar menandakan ada pihak sekolah yang membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai lomba-lomba yang ada di dalam pekan kimia. Dilema, namun begitulah kenyataan yang pernah terjadi.
            Masalah semakin bermekaran ketika proposal kegiatan banyak ditolak, padahal tangki motor sudah sampai dehidrasi. Namun sampai detik ini, belum ada ketua panitia pekan kimia yang merelakan motornya untuk digadaikan demi menyokong dana. Ini membuktikan bahwa di tengah kesulitan panitia pekan kimia, tidak ada yang ingin mengorbankan salah satu pihak. Panitia ingin terus berjuang bersama-sama.
            Keadaan seperti ini membuat kegiatan Pekan Kimia seolah-olah menjadi sebenar-benarnya ajang menciptakan kader-kader Himdika yang berkualitas. Pengalaman-pengalaman berharga yang terjadi dalam Pekan Kimia tahun-tahun sebelumnya, tidak pernah membuat kegiatan ini mandek dalam kepengurusan yang baru, bahkan selalu menghadirkan konsep yang semakin menantang.
            Pekan Kimia tahun ini memiliki konsep lomba yang sama dengan Pekan Kimia tahun 2015, namun dengan cakupan wilayah sebanyak 10 kabupaten, sama dengan pelaksanaan Pekan Kima tahun 2016. Sehingga Pekan Kimia tahun 2017 adalah kombinasi dari harapan panitia Pekan Kimia 2015 dan 2016. Cost yang diperlukan jelas lebih tinggi, dan panitia yang terlibat serius dalam kegiatan ini bisa disebut dengan “bukan mahasiswa biasa."
Pekan Kimia Himdika

            “Persaudaraan” mungkin itu satu kata yang ingin dikokohkan dalam kepanitian Pekan Kimia 2017. Hal ini dapat dilihat dari tema yang diangkat, yaitu Mempererat Ikatan Persaudaraan Melalui Ajang Kompetensi Kimia dalam Dzamrut Khatulistiwa. Tema yang patut diapresiasi mengingat sering terjadi gesekan dalam kepanitian ini. Semua pihak pasti berharap masalah tahun lalu jangan sampai terulang dan semoga kesuksesan selalu menyertai kegiatan ini.



Newer Post Older Post Home

0 komentar: