Perkembangan teknologi yang semakin pesat telah banyak
mempengaruhi segala aspek kehidupan manusia termasuk pendidikan. Pendidikan
dituntut segera beradaptasi dengan perkembangan teknologi karena pendidikan
yang tetap pada instruksional kurikulum hanya akan menjadikan ketidak selarasan terhadap kemajuan
teknologi yang semakin tak terhindarkan.
Kurikulum pendidikan di Indonesia juga telah mengalami modernisasi, salah satunya
dengan merubah KTSP menjadi kurikulum 2013.
Kurikulum 2013 menuntut anak didik untuk lebih aktif
dalam kelas dibanding guru. Anak didik dianggap telah memiliki pengetahuan awal,
sehingga guru hanya akan memberikan penjelasan umum, lalu peserta didik mencari
sendiri atau secara bersama-sama dalam kelompok diskusi menambah dan
memperdalam pengetahuannya. Salah satu cara yang digunakan guna menambah dan
memperdalam pengetahuan adalah penggunaan internet.
Internet merupakan salah satu produk teknologi yang
dirasa telah menjadi kebutuhan primer. Internet menyediakan berbagai bentuk
informasi dan pengetahuan yang dapat memudahkan proses belajar peserta didik
maupun menyelesaikan tugas sekolah. Internet juga menyediakan aplikasi belajar
yang menarik sehingga membuat siswa termotivasi dan antusias. Meskipun internet
banyak menunjang proses pembelajaran namun di sisi lain masih banyak kelemahan
dan kekuranganya.
Internet juga memungkinkan anak didik berpaling dari
tujuan utamanya. Siswa yang tadinya ingin mengerjakan tugas sekolah justru
melihat situs-situs yang tidak ada kaitannya dengan pembelajaran, seperti browsing ke situs jejaring social dan
game online. Hal ini tentu saja
menurunkan daya konsentrasi siswa sehingga dikhawatirkan hanya sedikit ilmu
yang dipahami olehnya.
Kendati demikian, internet memang ditujukan untuk
memudahkan kehidupan manusia. Manusialah yang harus pandai menjaga diri dari hiburan-hiburan
yang disediakan internet yang dapat menurunkan produktivitasnya.
Maka dari itu, pengawasan orang dewasa sangat diperlukan
untuk memantau apa yang dilakukan siswa di dunia maya. Seperti yang dilakukan
oleh pemerintah Glendale, pinggiran selatan California. Mereka mengadopsi
solusi Geo Listening, teknologi pemantau postingan siswa, di semua sekolah di
kawasan itu.
Memang merupakan hak bagi semua individu untuk
memanfaatkan perkembangan teknologi seperti internet. Internet memberikan
segala macam informasi yang dapat menunjang kemajuan pendidikan, namun jika
disalah gunakan maka akan memberi nilai minus bagi pendidikan. Pengawasan
menjadi penting untuk diterapkan agar proses yang tidak terelekkan ini dapat
berlangsung harmonis dengan tujuan mulia pendidikan.
0 komentar: