Ternyata Menjadi Guru Itu Menyenangkan (Pengalaman mengajar Pertama X)

By | 2/04/2013 07:02:00 AM 4 comments


Setelah sekian hari dibuat menunggu untuk mendapat giliran penyuluhan oleh panitia PePTIDA, akhirnya pada Rabu malam jam 21.00 WIB Kak Itin mengeluarkan SKnya..wkwk. Pada Kamis, 7 Februari 2013 ane dapat giliran mengajar di kelas 9B MTsN Mempawah Hilir mulai pukul 6.45 s.d 8.20.
Malem itu juga, Ane langsung latihan cuap-cuap layaknya guru tanpa peduli sama teman peserta yang pengen tidur pulas malam itu, haha. Ane berterimakasih sekali sama Anisa, Tri, dan Yulianti dalam memberikan properti dan dukungan untuk sesi eksperimen di kelas nanti. Thankyou Ukhtii, you are the best.
 Pagipun tiba. Walaupun ane dapat giliran penyuluhan tetap aja waktu mandi cuma 5 menit plus berlima dalam satu kamar mandi...(Ehm, kemarin sama siapa aja ya? Haha). Kiranya ane udah cantik berseragamkan putih-putih almamater, ane say Good bye and minta dukungan sama teman-teman... haha, lebai si tapi gak duli ah selama bisa menambah kepercayaan diri. Ane disuguhi sarapan sama panitia dengan Zuper bubur berlaukkan lauk nasi kuning (sambal kacang teri,wkwk). Lepas itu, ane bersama rombongan yang lain melaju ke TKP. Ane dibonceng sama kak Mia :)

Sambil berada di atas motor, ane menikmati pemandangan kota Mempawah yang begitu bersih dan berudara sejuk, sehingga cukup menenangkan rasa grogi sebelum bertemu dengan murid 9B. Hm, entah apa yang membuat kota ini tidak lagi meraih penghargaan Adipura akhir-akhir ini, tapi kota Mempawah layak jadi contoh untuk urusan kebersihan bagi kota Pontianak.
Pertama kali menginjakkan kaki di MTsN Mempawah hilir, kami disambut dengan Ibu Kepala Madrasah yang super ramah dan baik hati, haduh, ane lupa pula sama nama beliau. Bangunan MTsN ini gak kalah sama sekolahku dulu, MAN 2 Pontianak, hehe.
Tibalah ane dihadapan murid 9B, ane disambut sama guru bahasa Inggris yang sekiranya akan mengajar di sana. Tapi, setelah dikonfirmasi ane akan mengisi 1 jam pelajaran di kelas 9B. Sambil tadarusan, anak-anak ini ada yang melirik ke arah ane. “Mau ngape ke orang ini ke sini?!” Mungkin kalimat itu yang ada dalam benak mereka..haha.
Di saat semua mata tertuju padamu, dan bunyi detik jarum jam seakan terdengar keras... ane harus dapat mengendalikan diri agar tidak salting di hadapan murid 9B. Ane buka dengan salam dan perkenalan. Biar lebih dekat, ane ajukan pertanyaan, eh, ternyata nggak ada yang nanya lebih jauh tentang ane, mereka justru bertanya tentang Untan itu dimananya Pontianak...ckck ngarep.com
Sesuai tuntutan profesi yang diajarkan oleh bang Rizki PA dan bg Deno A, ane diwajibkan menanyakan “pelajaran apa yang sulit, dek?” Lalu lah, salah satu dari mereka tu ada yang ngejawab semuanye...haha. Ane beri la mereka jurus belajar yang jitu apalagi mereka mau ujian. Ane juga ajak mereka nyanyi-nyanyi biar tak lemas pagi-pagi. Ane beri pertanyaan unik, tapi kata mereka aneh, hm, tak pape lah, yang penting mereka tergugah melihat jawabannya...haha. Ane beri mereka eksperimen kimia berupa balon yang mengembang tanpa melaui proses peniupan akibat reaksi antara cuka dan soda kue, ane minta satu asisten dari salah satu murid yang paling cabe rawit di sana, Fahrullah. Lalu lah, dia begegar dikit megang alat percobaan tu..haha. Selanjutnya, biar eksperimen ane ndak kelihatan direkayasa gitu, ane minta satu sukarelawan untuk maju, karena tak ada yang mau maju, ane tunjuk satu orang (Ehm, siape ye, ane lupa namanya, maaf2), biar die semangat sikit. Xixi.
Selanjutnya, ane beri games psikologi melaui gambar yang pernah diajarkan oleh Guru al Qur’an Hadist ane di MAN, Bu Sri Rahayu, S. Ag. Ane tunjuk satu orang lagi, kalau tak salah namanya Gusti. Ndak salah ane milih Gusti cause hasil gambarnya patut diacungi jempol. Cie..cie... Ane pun ngelilingi mereka sewaktu ngegambar, mereka pun langsung nutup hasil karyanya, mentang-mentang ane bilang ndak boleh ada yang nyontek. Hm,hm,hm.
Biar nambah Chemistry nya, ane mengabsen satu-satu dari mereka dan ane minta ungkapkan cita-cita mereka beserta alasannya, dari 22 siswa ternyata yang hadir hanya 19 orang.
Next, Ane juga kasi mereka kuis yang berhadiahkan voucher menarik, haha. Ada satu cewek dan cowok yang memenangkan kuis ini, dan selamat ya untuk kalian berdua.
yunita-kusumawardani.blogspot.com
Secarik Pesan dan kesan dari kelas 9B MTsN Mempawah hilir
Terakhir, ane berikan informasi PePTIDA berupa lomba penjelajahan, malam keakraban dan TTG. Sebelum mengakhiri ane minta pesan dan kesan dari mereka.  Kertas-kertas itu adalah lembaran yang sangat berarti buat ane, dari ukuran kertas yang paling mini sampai normal yang pasti setiap goresan penanya memberikan power bagi ane. Ane baru ngerasain ternyata jadi guru itu menyenangkan. Ane jadi rindu suasana mengajar, dan doa ane untuk adik-adik khususnya murid 9B Mempawah Hilir agar diberi kemudahan dalam mengerjakan UN dan jadilah anak yang berprestasi. O.iye satu pantun kakak untuk kalian
Jalan jalan ke Mempawah
jangan lupe ke tugu pak Tani
Maafkan kakak jika ada salah
Semoga kita berjumpa lagi...

Lonceng tanda 1 jam pelajaran telah usai pun berbunyi, ane keluar dengan perasaan lega. Kami diajak ke kantor guru yang telah menyediakan secangkir teh untuk kami. Ya Allah, semoga sekolah ini melahirkan murid-murid yang berprestasi karena keramahan mereka dalam melayani tamu dari FKIP UNTAN Pendidikan Kimia ini. Terima kasih banyak MTsN Mempawah Hilir, You are Awesome!!!
Well, inilah pengalaman mengajarku secara formal di MTsN Mepawah Hilir. Teaching is not about just standing in front of the class. But, It’s about inspiring, motivating, stimulating, and developing the minds of students. Himdika...Mantap!!!
Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. salam kenal dulu
    jalanlah ke Mempawah
    cari minuman di terminal
    janganlah kite berfikir salah
    mari kite saling mengenal

    ReplyDelete
  2. salam kenal dari mempawah....tinggal dimana sekarang?

    ReplyDelete