Kuliner Pontianak dan sekitarnya

By | 6/21/2012 05:26:00 PM 2 comments

APAM PINANG
Oleh: Yunita Kusumawardani
Pedagang kuliner kaki lima sedang bersiap menggelar dagangannya di waktu petang, salah satunya Ibu berjilbab yang menjual Apam Pinang di ruas jalan Trans Kalimantan dekat Kuala Ambawang. Rabu, 18.30 WIB (20/06) ane kembali membeli apamnya untuk yang kedua kali. Dalam kesempatan ini, ane coba mengajaknya ngobrol. Tapi, ane lupa nanya namanya..huh!#plak!
Sedang memanggang APAM PINAG
Ibu berjilbab ini adalah orang madura, dia menceritakan bahwa penjual apam pinang di Pontianak kebanyakan orang Jawa. Apam pinang menjadi kuliner favorit orang Pontianak, karena
murah, enak, dan mengenyangkan. Itulah mengapa, salah satu tips mau makan apam, ente jangan makan makanan berat dulu.. hehe. Oh iya! Ternyata apam pinang punya nama lain yaitu martabak manis (sweet Martabak).
Ane sempat menyinggung sejarah terciptanya Apam Pinang ini, sayangnya ibu ini kurang tahu. Ane searching di Google juga nihil. Ane jadi nyanyi lagu Bondan feat fade 2 Black deh... Ya sudahlah...
Kata datuk Wikipedia, bahan dasar Apam pinang adalah tepung terigu, soda kue, telur ayam, santan, air, dan ragi. Cara memasaknya sama yaitu dipanggang. Tapi, the taste is not, cause ada resep rahasia turun temurun atau skill dari pedagang itu sendiri yang membuat cita rasa apam berbeda-beda. Nah, apam ibu ini is DELICIOUS loh sobat,,, Yummy!
Cita rasa Apam Pinang kini semakin bervariasi, ada rasa keju, ketan, coklat, bahkan selai blueberry, dll. Bentuknya juga ada yang mini dan normal..hehe.
Ane sempat memuji ibu ini, karena keterampilannya memandang bisnis kuliner yang belum ada di sekitar ruas Jalan Trans Kalimantan, yaitu berjualan Apam Pinang. Semoga bisnis ibu ini berjalan manis-semanis Apam Pinang buatannya.
Newer Post Older Post Home

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wooooww
    belikan apam jun :D
    apam pinang keju

    tapi ati" di baca sama anak ambawang entar dikeluarkan lagu soundtract terbarunya, "apam ku pinang dengan bismilah" :P

    by apedie.blogspot.com

    ReplyDelete